About

Rabu, 28 Januari 2015

Teologi Islam, Kristen Dan Yahudi

KATA PENGANTAR

Puji syukur senantiasa kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Shalawat beserta salam akan senantiasa dilimpah curahkan kepada Nabi Muhammad SAW, kepada keuarganya, para sahabatnya, tabi’in, dan sampailah kepada kita sebagai umatnya di akhir zaman. Mudah-mudahan kita semua mendapat syafaatnya di hari akhir nanti. Amin yaa rabbal ‘aalamiin.
Kami  ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi dalam penulisan makalah ini, khususnya untuk dosen mata kuliah Ilmu kalam yang telah membimbing dan memberi masukan dalam menyelesaikan penulisan makalah ini.
Kami menyadari makalah ini jauh dari kesempurnaan. Maka dari itu kami mengharapkan sekali kritik dan saran untuk perbaikan penulisan makalah di masa yang akan datang.
Akhir kata kami ucapkan terimakasih, mudah-mudahan makalah ini bermanfaat khususnya bagi kelompok kami, umumnya bagi  para pembaca.




Bandung, 12 November 2012



Penulis


BAB  I
PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG
 teologi merupakan sebuah pengetahuan tentang Tuhan dan manusia. Pada dsar nya manusia mempunyai pengetahuan terhadap tuhan yang di yakini dalam agama nya. Ada bermacam – macam agama yang di percayai dan di yakini oleh setiap individu di antara nya nasrani , islam, yahudi . namun pada setiap agama mempunyai inti kepercayaan yang berbeda yang terkadang menimbulkan pergesekan dan tak sedikit meneybabkan konflik. Setiap agama mempunyai keyakinan bahwa agamnya lah yang paling benar.
Yang paling vital dalam suatu keyakinan atau agama yakni ‘konsep ketuhanan’ inilah yang menjadi dasar pembeda antara agama yang satu dan agama yang lainya.dalam kesempatan ini penulis mengambil judul “ Teologi islam, Kristen dan Yahudi.
RUMUSAN MASALAH
Dalam makalah ini penulis merumuskan  masalah sebagai berikut
1.Bagaimana Teologi Islam ?
2. Bagaimana Teologi Kristen  ?
3 Bagaimana Teologi Yahudi ?

TUJUAN PENULISAN
     Tujuan merupakan sesuatu yang harus di tetapkan dalam melakukan sesuatu.Demikian pula dalam membuat makalah ini,tujuan nya adalah sesuatu yang saangat penting.
Adapun tujuan untuk makalah ini adalah sebagai berikut
1.untuk memenuhi tugas mata kuliah ilmu kalam
2. mengetahui bagaimana Teologi dalam agama Islam
3.mengetahui bagaimana Teologi dalam Agama Kristen
4. Mengetahui bagaimana Teologi dalam agama Yahudi
METODE PENGUMPULAN DATA
     Dalam pengumpulan data untuk menyusun makalh ini penulis memperoleh data melalui studi kepustakaan,yaitu dengan mengumpulkan data data dan keterangan memlalui buku-buku,internet dan bahan bahan lain nya yang ada hubungan nya dengan masalah yang d bahas.

















BAB II
PEMBAHASAN

TEOLOGI ISLAM
IIslam merupakan agama yang mempunyai sejarah pergulatan teologi yang panjang . dengan rentang sejarah yang panjang itu, teologi islam pernah menancapkan sebuah fakta untuk turut serta meramaikan pergulatan intelektual dalam pentas peradaban ilmu pengetahuan dan politik dunia . berbagai konsep dan sudut pandang teologis muncul secara dialektis dalam atmosfir kebudayaan islam, namun sebelum lebih jauh membahas tentang teologi islam terlebih dahulu kita harus mengetahui arti dari teologi itu sendiri.
A.     Pengertian teologi  islam
Teologi dari segi etimologi dari bahasa yunani yaitu theologia . yang terdiri dari theos yang berarti tuhan atau dewa dan logos yang artinya ilmu , sehingga teologi adalah pengetahuan ketuhanan. Menurut William L. Resse, teologi berasal dari bahasa inggris yaitu theology yang artinya discourse or reason concerning god ( pemikiran tentang tuhan ) . sedangkan menurut Abdurrazak  Teologi islam adalah ilmu yang membahas aspek ketuhanan dan segala sesuatu yang berkaitan dengan- NYA secara rasional.
B.     Sejarah Munculnya Teologi Islam
Islam adalah agama yang sebenarnya mempunyai sebuah pegangan beragama yaitu Al-Qur’an dan Hadist. Dalam segala persoalan tersebut. Baik dalam bidang social bermasyarakat atau bermuamalat, bidang politik , ekonomi dan apalagi soal keyakinan atau tauhid. Akan tetapi untuk menjawab persoalan tersebut, Al-Qur’an masih harus dipelajari dengan sangat lebih dalam karena masih banyak ayat – ayat Al-Qur’an yang menerangkan sesuatu secara global dan belum terperinci . Al-Qur’an dan hadits nabi sendiri banyak berisi pembicaraan tentang wujud tuhan, keagungan tuhan dan Ke-Esa-An nya, dalam Al-qur’an sendiri juga banyak menyebutkan tentang sifat – sifat tuhan, yang mana sebagian bertalian dengan dzat Tuhan sendiri dan sebagian lagi menyatakan semacam hubungan dengan mahluk-nya ,seperti maha mendengar, maha melihat ,maha member rizki dan sebagainya.
Al-Quran sendiri sangat menyarankan umat islam untuk memakai akal pikirannya. Dan juga memperhatikan alam semesta ini dengan panca indra yang dimilikinya. Oleh karena itu, untuk urusan bragama islam dengan keras mencela seorang yang beragama yang hanya taqlid buta atau ikut – ikutan tentang soal kepercayaan agama. Oleh karena itu umat muslim harus benar – benar melepaskan akal dan pikiran nya untuk menggali isi kandungan Al-Qur’an dan sunnah rosul. Pada waktu rosululoh masih hidup. Umat islam dapat menanyakan segala sesuatu pesoalan atau kesulitan kepada beliau, akan tetapi setelah beliau wafat mereka tidak bisa menanyakan langsung kepada beliau. Melainkan kepada penerus pemimpin umat yang mana mereka harus dapat menggali isi Al-Qur’an dengan akal pikiran dengan tata cara yang bisa di pertanggung jawabkan.
Setelah Rosulullah wafat, muncullah persoalan  politik dikalangan umat islam yaitu tentang Imamah ( pemimpin kaum muslim berikutnya ). Dan sejarah meriwayatkan bahwa yang menjadi pengganti ( sebagai kepala Negara, bukan sebagai nabi atau rosul ) adalah Abu Bakar. Dan itupun melalui sebuah perdebatan yang besar oleh para pemuda, sahabat muhajirin dan sahabat anshor. Kemudian abu bakar di gantikan oleh Umar Ibn Khottab dan umar digantikan oleh Utsman bin Affan
Dalam pertengahan pemerintahan, Kholifah Usman bin Affan tidak dalam menghadapi keluarga beliau yang mempunyai ambisi untuk duduk dalam pemerintahan. Banyak keluarga beliau yang menjadi gubernur di beberapa daerah kekuasan islam pada saat itu. Dan akibat tindakan Khaliifah Usman tersebut banyak para sahabat nabi yang dulu menyongkong beliau sekarang menjauhi beliau. Yang akhirnya Khalifah Usman wafat karena dibunuh para pemberontak dari Mekkah.
Setelah Khalifah Usman wafat. Kekhalifan digantikan oleh Ali. Dan belum lama memerintah sebagai khalifah, ali mendapatkan tantangan dari Aisyah, Talhah dan Zubair. Tetapi tantangan tersebut dapat di selsaikan dengan perang. Dan tantangan berikutnya yaitu dari Mu’awiyah . Mu’ awiyah menuduh bahwa Ali turut campur dalam pembunuhan khalifah Usman karena, Muhammad Ibn Abi Bakar ( pembunuhan Usman) adalah anak angkat dari Ali bin Abi Thalib. Dan khalifah Ali tidak mengambal tindakan keras atas kasus tersebut .
Selanjutnya Khalifah Ali dan Mu’awiyah melakukan peperangan di bukit siffin. Yang akhirnya khalifah Ali dan Memojokan Mu’awiyah. Akan tetapi karena kelicikan dari kelompok Muawiyah, yaitu dengan mengangkat Al-Qur’an keatas ( tanda –tanda perdamaian ),kelompok ali pecah menjadi dua kelompok. Yaitu kelompok yang setuju untuk bberdamai dengan tetap ikut kepada khalifah ali ( syi’ah) dan kelompok yang tidak ingin untuk bedamai ( khawarij ).
Demikian lah beberapa persoalan politik yang akhirnya memicu kepada permasalahan teologi, yaitu dimulainya persoalan dosa besar karena membunuh khalifah Usman dan timbullah pesoalan siapa yang kafir dan siapa yang tidak kafir . dalam arti siapa yang masih dalam islam dan siapa yang sudah keluar dalam islam. Dari sinilah awal munculnya tiga aliran teologi yaitu :
·        Aliran Khawarij yang mengatakan bahwa orang yang berdosa besar adalah kafir (murtad) dan oleh karena itu wajib di bunuh,
·        Aliran Murji’ah yang menegaskan bahwa orang yang berbuat dosa besar masih dikatakan mukmin, adapun dosa yang dilakukan terserah Allah SWT.
·        Aliran Mu’tazilah yang menyatakan bahwa orang yang berbuat dosa besar bukan kafir dan juga bukan mukmin, melainkan berada di antaranya ( almanzilah bain almanzilah )

C.     BEBERAPA ALIRAN TEOLOGI ISLAM
Seiring berjalan nya waktu mulai banyak bermunculan aliran – aliran baru dalam teologi islam beberapa di antara nya :
·        Aliran Mu`tazilah
aliran ini merupakan aliran terbesar dan tertua. Dan juga ikut memainkan peranan penting dalam sejarah pemikiran dunia islam. Ajaran – ajaran pokok aliran ini yaitu; Ke – Esa – an, Keadilan, Janji dan Ancaman, Tempat diantara dua tempat, dan yang terakhir yaitu menyuruh berbuat kebaikan dan melarang segala kemungkaran
·         Aliran Jabariyah
Kaum ini berpendapat bahwa manusia tidak mempunyai kemerdekaan dalam menentukan kehendak dan perbuatannya. Jadi segala yang dilakukan oleh menusia adalh kehendak tuhan atau sudan menjadi qada dan qadar tuhan secara penuh
·         Aliran Qadariah
Kaum ini sebalkiknya dengan kaum jabariyah, yaitu manusia mempunyai kemerdekaan dan kebebasan dalam menentukan perjalanan hidupnya. Jadi segala sesuatu yang dilakukan manusia memang atas kehendak dan kekuatan dari menusia tersebut
·         Ahli sunnah dan jama`ah
Golongan ini timbul atas reaksi paham-paham golongan sebelumnya seperti Mu`tazilah dan qadariyah dan yang lainnya. Golongan ini, salah satunya menjunjung tinggi qaidah attasamukh (toleran) yaitu tidak seperti mu`tazilah yang begitu keras dalam menyiarkan agama. Ahl Sunnah dan Jamaah tidak menjunjung tinggi-tinggi kekuatan manusia dan juga tidak meyerahkan kekuatan sepenuhnya kepada Tuhan.
Pada dasar nya Semua aliran juga berpegang pada wahyu. Sebenarnya perbedaan terdapat pada interpretasi mengenai teks ayat-ayat Al-Qur`an dan Hadits. Dan ini juga seperti perbedaan yang terjadi dalam bidang hokum islam atau Fiqih. Yang selanjutnya menghasilkan beberapa madzhab-madzhab yang berbeda seperti yang dikenal dengan sekarang, yaitu madzhab hanafi, madzhab Maliki, madzhab hambali, dan madzhab Syafi`i. Pada hakikatnya semua aliran-alairan yang timbul bukanmlah keluar dari islam, tetapi masih tetap dalam islam. Dengan demikian umat islam dapat memillih salah satu dari aliran teologi tersebut menurut jiwa dan pendapatnya. Sebagaimana seseorang memilih madzhab dalam Fiqih. Dari sinilah kellihatan hikmah ucapan dari Nabi Mmuhammad SAW,” Perbedaan paham dikalangan umatku membawa rahmat”.







TEOLOGI KRISTEN

A.     Pengertian Teologi Kristen

Kata teologi diambil dan didapat dari terjemahan bahasa inggris theologia yang didapat dari bahasa ibrani, theo dan logia. Theo berarti Allah dan logia adalah logika, perkataan, materi serta pendapat dan pemikiran. Teologia Kristen juga dapat berarti belajar mengenai perkataan Allah secara lebih dalam yang sudah diwahyuhkan. Secara umum pengertian teologi kristen adalah upaya mengenal Allah dengan mempelajari materi seputar Alkitab dan materi lain yang menjelaskan Allah lebih dalam dan terperinci

B.     Sejarah Teologi Kristen

Ajaran Kristen yang kita kenal saat ini selalu dinisbatkan kepada sosok Nabi Isa. Sejarah kemunculannya memang tidak dapat dipisahkan dari sejarah gerakan dakwah beliau bersama para pengikutnya. 
Pada usia 12 tahun Isa mempelajari Taurat dari para pendeta Yahudi. Allah ta’la menjadikannya pandai menulis dan menguasai Taurat serta dibekalinya dengan Injil
Pada tahun 33 M diadakan perayaan Paskah tahunan di Bait Allah (Baitul Maqdis). Maksud dari perayaan ini adalah untuk memperingati diselamatkannya bangsa Israel dari penindasan Raja Fir’aun. Akan tetapi perayaan ini sudah jauh dari maksud semula, karena telah berubah menjadi pesta perniagaan yang diwarnai perjudian. Bahkan pintu gerbang Bait Allah diberi patung burung Garuda sebagai lambing kebesaran kekaisaran Romawi. Hal ini amat menghina dan mengotori kesucian bait Allah. 
Oleh karena itu Isa bersama para pengikutnya mendatangi Bait Allah dan memporak-porandakan arena perniagaan tersebut. Kerusuhan ini menimbulkan kemarahan penguasa Romawi. Pasukan Romawi kemudian merangsek ke Bait Allah dan berupaya menangkap Isa beserta pengikutnya. Tetapi mereka telah menyingkir dan bersembunyi di bukit Gesmani.
            Injil yang ada pada kaum Kristiani saat ini bukanlah Injil asli. Ia hanyalah berisi kisah perjalan dakwah Nabi Isa (Yesus) yang ditulis oleh orang-orang setelahnya :
  1. Injil Matius (65 M)
  2. Injil Markus (61 M)
  3. Injil Lukas (95 M)
  4. Injil Yahya (100 M)
            Masih banyak Injil yang lainnya, yang menurut catatatan sejarah mencapai 80 versi. Akan tetapi selain yang empat di atas tidak diakui oleh gereja dan sudah dimusnahkan pada abad ke 2 (180 M). Adapun Injil yang dibatalkan di antaranya ialah: Injil Petrus, Injil Kopty, Ibrani, Barnaba, dan surat-surat kiriman Barnaba.
            Injil Matius dan Markus sebenarnya tidak menunjukkan pendirian yang sama dengan ajaran Paulus, tapi karena tidak menentang ajaran Paulus dibiarkan juga beredar dan diakui oleh gereja; isinya pun sudah dirubah dan ditambah disesuaikan dengan ajaran Paulus.
            Agama Kristen telah terpecah jadi puluhan agama baru, dari yang sifatnya besar dan mendunia hingga yang lokal dan kurang populer. Setiap agama pecahannya pasti mengkafirkan agama pecahan yang lainnya pula.
Dan secara umum, agama Kristen terbagi menjadi tiga agama baru, yang masing-masing memiliki gereja dan tokoh agama sendiri-sendiri. Ketiga agama terbesar dari lingkup agama Kristen ini yaitu: Katholik, Ortodox dan Protestan. Meskipun mereka berbeda dalam tempat ibadah dan pimpinan spiritualnya, bahkan dalam injilnya, namun mereka semua sepakat dengan prinsip ajaran trinitas atau tritunggal.
Agama Katholik adalah agama Kristen yang paling tua. Katholik sendiri berarti orang-orang umum, karena mereka mengaku-aku sebagai induk segala gereja dan penyebar missi satu-satunya di dunia. Disebut pula dengan Gereja Barat atau Geraja Latin, karena mereka mendominasi Eropa Barat, yaitu mulai dari Italia, Belgia, Prancis, Spanyol, Portugal dan lain-lainnya. Disebut juga sebagai Gereja Petrus atau Kerasulan karena mereka mengaku-aku bahwa yang membangun agama mereka adalah Petrus, murid Nabi ‘Isa yang paling senior.
Agama Katholik meyakini bahwa Roh Qudus tumbuh dari Tuhan Bapa dan Anak secara bersamaan. Mereka juga berkeyakinan bahwa Tuhan Bapa dan Tuhan Anak memiliki kesempurnaan yang sama. Bahkan mereka meyakini bahwa Yesus atau Tuhan Anak ikut bersama-sama dengan Tuhan Bapa mencipta langit dan bumi.
Secara garis besarnya, agama Kristen meyakini bahwa Nabi ‘Isa atau Yesus adalah Anak Tuhan. Oleh karena itu murid-murid Yesus yakininya sebagai Rosul. Bahkan Saulus atau Paulus atau Bulus, yaitu musuh besar Nabi ‘Isa, yang sangat bernafsu menangkap dan menyalib Nabi ‘Isa serta banyak menyiksa dan menangkapi para pengikut Nabi ‘Isa juga ikut diyakini sebagai Rosul. Hal ini karena tipu dayanya yang mengatakan kepada orang-orang Nashrani bahwa dia mendapat wahyu dari Yesus untuk meneruskan ajarannya dan Yesus menamainya dengan Bulus.
Padahal tidak ada seorang nabi pun yang memiliki masa lalu yang ke lam, yaitu mantan musuh Allah dan Rasul-Nya. Tipu daya Saulus semakin sempurna dengan menyusupkan orang-orangnya ke dalam deretan rohaniawan Kristen, seperti Lucas dan lain-lainnya. Melalui orang-orangnya ini akhirnya Saulus berhasil merubah Injil dan memasukkan faham trinitas ke tengah-tengah umat Nashrani.
Sesungguhnya konsep Trinitas bukanlah konsep yang diajarkan oleh Yesus / ’Isa AS. Konsep ’Isa adalah tauhid (pengesaan). Adapun konsep trinitas ada dan diperkenalkan oleh Paulus. Perdebatan antara pendukung tauhid / unitarianisme dengan pendukung trinitas tidak kunjung henti. Bahkan diwarnai dengan pertumpahan darah pada abad I sampai abad ke IV.

Sehingga sejarah mencatat, pada tahun 325 Masehi, Kaisar Romawi Konstantin mengundang para pendeta dari berbagai penjuru untuk berkumpul di Nicea (Italia) dalam sebuah kongres. Kongres ini bertujuan untuk menentukan ajaran mana yang akan dipegang dan dipertahankan. Apakah tauhid atau trinitas.
Setelah lama bersidang, di antara 2.048 pendeta yang hadir, 318 pendeta sepakat menerima ajaran Paulus (trinitas) dan 1.730 lainnya tetap berpegang pada ajaran Tauhid ’Isa. Dengan demikian, seharusnya tauhid-lah ajaran yang diakui dan dipegang. Namun karena Konstantin sendiri adalah penganut paganisme, maka tak heran, meskipun harus bertentangan dengan keputusan kongres, Konstantin men-dekrit-kan ke seluruh dunia Kristen bahwa trinitas-lah yang harus dipegang. Inilah tragedi dalam kepercayaan Nasrani yang amat menyedihkan. Sejak keputusan itu, tokoh-tokoh Kristen yang masih mempertahankan ajaran unitarian ditangkap, disiksa, dibunuh karena dianggap golongan sesat. Ketika Rasulullah datang dan menyatakan diri sebagai utusan Allah, yang meneruskan misi Nabi Musa dan ’Isa, mereka memeluk Islam secara massal. Di antaranya adalah raja Habasyah/Ethiopia dan rakyatnya.

Dalam masa pasca kongres Nicea itu pula, ditetapkan :
1. Hari kelahiran Dewa Matahari dijadikan hari sabat Kristen, yaitu hari Minggu.
2. Tanggal kelahiran anak Dewa Matahari, 25 Desember, dijadikan hari kelahiran Yesus.
3. Lambang Dewa Matahari, silang cahaya (salib), menjadi lambang Kristen.

Padahal aslinya, tidak ada yang tahu pasti kapan Yesus lahir. Demikianlah, aqidah Kristen ini dibangun. Atas dasar imajinasi dan doktrin yang terus menerus dihembuskan kepada para pengikutnya. Karena tanpa itu, akan mudah sekali meragukan kebenaran ajaran Kristen lalu keluar dari Kristen,
Dalam sejarah ketuhanan kaum Nashrani, penuhanan Yesus baru dilakukan pada akhir Abad II Masehi. Kemudian pada Konsili di Necea tahun 325 Tuhan Anak disejajarkan dengan Tuhan Bapa. Selanjutnya pada Abad III Roh Qudus dipertuhankan. Pada konsili di Ephese Bunda Maria disejajarkan dengan Trinitas oleh penganut Katholik. Bahkan pada tahun 383 Kaisar Theodosius mengancam akan menghukum semua orang yang tidak percaya dan menyembahyang Trinitas. Sebuah Injil Barnabas yang disembunyikan, diserahkan kepada Paus Damasus.






TEOLOGI YAHUDI

A.     Agama yahudi
Perkataan yahudi sebenarnya bukan lah perkataan yang di khusus kan untuk agama, melainkan kepada satu nama bangsa, yaitu bangsa yahudi. Kaum yahudi juga disebut dengan bangsa Israel atau ibrani ( Hebrew). Perkataan yahudi dikaitkan dengan putra nabi yakub a,s yang ke empat yaitu yahuda, beliau adalah dari kaum Israel gelaran ini mulai terkenal usai keruntuhan kerajaan yahuda pada tahun 586 SM. Kemudaian perkataan yahudi di nisbatkan kepada bangsa ini yang menganut agama yahudi atau agama musa.

1.      Zaman sejarah agama yahudi
Zaman biblical (2000 hingga 330Sm) Zaman ini ini merupakan zaman pemimpin terawal dalam sejarah yahudi.Zaman nabi Ibrahim, Pada zaman ini berdiri sebuah kerajaan bernama Babylon  di daerah kaldan(Iraq)  kerajaan bangsa kaldan jauh terkenal sangat sesat dalam kepercayaan dan ahlak ,mereka menyembah berhala yang di ukir oleh tangan mereka sendiri, selain dari pada menyembah berhala, ada pula yang menyembah, amtahri,dewa-dewa,bulan, bahkan raja yang memerintahkan  ketika itu di anggap suci, dan ada juga yang menganggapnya sebagai tuhan.
 Kemudian alloh s.w.t  mengutus nabi Ibrahim untuk mengajak mereka kebenaran. Mengajarkan cara hidup yang mulia. Dan kepercayaan yang benar, sepanjang usaha nya untuk menciptakan hal tersebut, nabi Ibrahim banyak mendapat rintangan yang berat salah satu nya dari raja namrud , bahkan raja namrud membakar hidup – hidup nabi Ibrahim namun berkat pertolongan alloh s.w.t api yang asal nya panas berubah menjadi sejuk. Namun di balik pertentangan yang hebat antara kaum jahiliyah ketika itu, terdapat juga orang – orang yang mengakui dan membenarkan,ajaran ajaran yang di bawa nabi Ibrahim. Kemudaian seiring berjalan nya waktu setelah nabi Ibrahim wafat tugas memimpin kaum yahudi diserahkan kepada nabi ishaq. Setelah nabi ishaq wafat, tugas memimpin kaum yahudi di serahkan kepada nabi yaakub.

B.     Konsep ketuhanan yahudi
Bani israil ( bangsa Yahudi ) telah mengabaikan sumber akidah yang hakiki yang datang dari langit, dan sebaliknya mereka malah mengikuti sumber yang lain, bani israil tidak pernah konsisten menyembah tuhan yang esa sebagai mana di ajarkan para nabi sebelumnya, kecenderungan dan kesukaan mereka terhadap tuhan di talsimkan ( bertubuh layak nya manusia yang mempunya tangan, kaki dan leher layaknya manusia biasa) dan animistis ( lebih dari satu)
J. Shawtel mengatakan’ sesungguhnya orang –orang yahudi itu sejak awal – awal mereka muncul di dalam sejarah dunia’ selain itu renaich juga mengatakan “ bahwa orang – orang yahudi biasa meletakan patung – patung berhala di dalam rumah, untuk di sembah, selain itu mereka juga ( orang yahudi ) selalu membawa – bawa berhala tersebut ketika mereka berpindah dari satu tempat ke tempat lain nya, mungkin ini salah satu kebiasaan yang paling sering di lakukan bangsa  yahudi.
Seiring berjalan nya waktu sesudah berakhirnya zaman nabi musa a,s kaum bani israil sangat terpengaruh oleh tuhan – tuhan yang di sembah bangsa kana’n tuhan kana’n yang bernama kana’n telah di ambil dalam artian diklaim oleh kaum bani israil selain itu , golongan tersebut mempunyai tempat sembahyang yang di mana tempat sembahyang di dalamnya terdapat patung berhala yahuah.,
 Ustad abbas Mahmud al aqqad mengatakan bahwa perkataan Yahweh tidak di ketahui tepat dari mana asal usulnya boleh jadi perkataan ini di ambil dari suatu panggilan.  Orang ke tiga ( ghaib ) dalam bahasa arab nya” ya hua” yang bermaksud wahai si dia, sedangkan menurut Smith ada penambahan kata yang berasal dari bahasa ibrani maksud nya sama dengan perkataan lord (tuan) oleh karena itu perkataan Yahweh menjadi “jenovah” yang artinya tuan dan tuhan.

C.     Pemikiran agama yahudi

Agama yahudi sebagai suatu pemikiran gerakan diyakini sampai saat ini telah banyak mewarnai dunia modern dengan pelbagai issue – seperti issue humanism, demokrasi dan liberallisme. Di samping itu prilaku biadab yahudi yang dilakukan sebagai upaya ofensif dan difensif – juga tak dapat kita tutup – tutupi pada decade ini sebagaimana peristiwa kejahatan perang yang dilakukan Israel terhadap palestina seperti perampasan harta benda , penduduk wilayah, pengusiran, dan pembunuhan warga sipil melalui agresi militer . ironis nya, pemikiran agama yahudi telah menganggap prilaku tersebut adalah tugas keagamaan yang tidak perlu mempertimbangkan nilai kemanusiaan. Bahkan mereka menganggap pertimbangan nilai keagamaan lebih utama dari pada pertimbangan nilai kemanusiaan .
Dalam percaturan politik dan ekonomi global , orang – orang yahudi disinyalir mempunyai peran signifikan . hal ini dapat di cermati dari kebijakan perserikatan bangsa – bangsa (PBB) yang di anggap sebagai wadah internasional untuk menegakan HAM, tidak berkutik di hadapan Negara Israel, indicator ini dapat di buktikan dengan tidak adanya tindakan tegas dari PBB walaupun markas PBB di Gaza dibom oleh Israel. Gerakan agama yahudi begitu pesat berkembang di era modern ini ada banyak factor dan penyebab serta kejadian –kejadian di masa lampau  yang menjadikan bangsa yahudi semakin kuat. Pada zaman dahulu, juga menimpa orang – orang yahudi pada waktu berada di spanyol pengusiran orang – orang yahudi secara besar – besaran dari spanyol pada tahun 1492 oleh Ferdinand dan Isabella adalah peristiwa yang menyakitkan karena mereka kehilangan kewarganegaraannya . pada waktu itu orang – orang yahudi hanya di beri dua opsi ; mereka masuk Kristen dengan di baptis atau di deportasi . bagi orang – orang yahudi yang masih kuat niali keagamaannya , dan masih bertempat tinggal di spanyol hanya dapat menjalankan ajaran agamanya secara diam – diam, sebagaimana kaum marrano di semenanjung Iberia, selain peristiwa tersebut , peristiwa yang besr juga menimpanya di jerman, yaitu pembantaian secara besar – besaran di jerman, yaitu pembantaian besar – besaran (holocaust) oleh hitler terhadap orang – orang yahudi. Hitler melihat bahwa orang –orang yahudi menjadi ancaman yang akan mengisoler kekuatan ekonomi dan politik warga asli (suku) jerman.
Pengalaman (religius) yang pahit tersebut bukan melemahkan daya juang mereka , tetapi justru menambah kuat semangat keberagamaan mereka dan terus berambisi untuk menegakan kerajaan tuhan di muka bumi . semangat itu muncul setelah Isaac Luria memunculkan mitos yang ( pada akhirnya disebut ‘ mitos luria’) sesuai dengan pengalaman kehidupan yahudi yang penuh penderitaan dan persaingan (pengucilan) . mitos tersebut mengatakan bahwa tuhan mengalami pengucilan dan segala sesuatu penciptaan bercerai berai dari permulaan ; percikan tuhan terperangkap dalam materi . selain factor mitos tersebut , adalah keyakinan orang – orang yahudi sebagai sebagai actor sentral yang mampu mewarnai dunia, dan dunia akan menjadi damai setelah kembali ke tanah yang di janjikan tuhan
Orang – orang yahudi mengalami penderitaan dan persaingan sampai pada kesimpulan ( dari inspirasi mitos luria ) bahwa tuhan hanya bisa menciptakan manusia. Tetapi tidak dapat berbuat apa –apa ketika melihat penderitaan manusia. Imaji adanya percikan tuhan yang terperangkap dalam materi member sepirit bagi orang – orang yahudi untuk berjuang menegakan kerajaan tuhan di muka bumi tidak bisa hanya berpangku tangan dan menunggu keajaiban dari langit, tetapi harus dilakukan dengan segala daya dan upaya secara kongkrit persepsi ini tertanam dalam pemikiran dan gerakan agama yahudi, terutama kelompok haredim. Dengan demikian optimism orang orang yahudi sebagai umat pilihan dalam konteks kekinian dan adanya mitos luria telah mampu member motivasi yang tinggi untuk menguasai dunia demi keselamatan dirinya. Keinginan orang –orang yahudi untuk menguasai dunia dalam era modern secara garis besar dapat di kelompokan menjadi dua kelompok, yaitu kelompok gerakan modernism (sekuler) yang diwakili dengan Zionisme dan kelompok gerakan Fundamentalism yang diwakili oleh Haredim.

1.      Munculnya Gerakan Zionisme

Zionisme lahir dan mengadakan muktamar pertama di kota Basel, Swiss, pada tahun 1897. Para pendiri gerakan ini terdiri dari orang – orang yahudi sekuler dari jerman dan Austria. Bagi mereka, keyahudian merupakan identitas nasional, bukan identitas agama, dan zionisme adalah nasionalisme dari suatu bangsa yang belum mempunyai Negara. Pilihan mereka pada palestina sebagai rumah nasional bagi bangsa yahudi tentu saja di anggap sebagai cita – cita sacral yang telah termaktub dalam kitab taurat, meski mereka tidak meletakan panji agama yahudi di atas dasar Negara.
Lahirnya gerakan Zionisme paling tidak diakibatkan oleh dua factor. Faktor pertama adalah sikap anti-semitisme yang sangat kuat, baik di dunia eropa maupun di dunia arab. Faktor kedua adalah karena adanya sikap pasif orang – orang yahudi pada umumnya yang mendorong kaum (kelompok) Zionis untuk membasmi keyakinan fatalistis, yang hanya meratapi kehancuran kuil di yerusalem dan memeluk erat – erat tembok tepi barat. Suatu prilaku yang menurut kaum zionis sangat memalukan dan tidak perlu dilakukan .

2.      Gerakan Fundamentalisme yahudi (Haredim)

Pembunuhan atas Yizak Rabin setelah mengadakan perjanjian olso dengan yasir Arafat menunjukan gerakan fundamentalis di Israel telah berkuasa, sehingga kemungkinan untuk melakukan perdamaian dengan palestina terasa sangat kecil sekali sebab, kelompok yahudi Haredim adalah suatu gerakan keagamaan yang memiliki cara hidup, etos, dan kepercayaan serta pandangan dunia yang unik. Untuk mengatakan ortodoks saja masih belum tepat. Mereka lebih dinamakan ultra Ortodoks. Pendapat ini di perkuat dengan pengertian Haredi “yang gemetar” karena khusuk dan takwa kepada tuhan. Kata ini digunakan dalam kitab suci agama yahudi Isaiah 66: yang berbunyi “ dengar firman tuhan, engkau haredim (gemetar) saat mendengarnya”. Kelompok fundamentalis haredim menggunakan terma ini untuk menunjukan komitmen dan ketakwaan mereka kepada yahwe, sekaligus meyakini bahwa perhatian tuhan tertuju pada mereka .
Pada saat ini kelompok tersebut digolongkan pada kelompok yang paling radikal. Suatu kelompok yang sulit beradaptasi dengan kelompok yahudi lain. Gerakan haredim tidak mau menerima budaya modern sekuler.bahkan untuk menyaring budaya luar menjadi agenda penting dalam aliran gerakan haredim. Gerakan haredim mencegah sekuat mungkin budaya luar yang akan masuk pada agama yahudi. Sebab mereka berkeyakinan bahwa untuk mencapai keselamatan di masa depan, kesucian jiwa dan keselamtan adalah tergantung pada kesungguhan dan kesetiannya terhadap tuntunan dan gaya hidup yang digariskan oleh agama yahudi.
Gerkan ini dalam menyikapi dunia modern terbagi menjadi dua : pertama, kelompok “pasif” yang lebih mengkonsentrasikan kedalam konsolidasi internal ajaran agama. Bagi mereka, agama yahudi adalah suatu ajaran yang telah menyediakan system social komperhensip, dan tidak perlu mengambil bentuk modernitas. Meskipun budaya modern menarik dan mampu menyumbangkan sesuatu yang baik. Kedua ,kelompok ”aktif” yang mempunyai keyakinan dalam menetap dunia modern dengan bersikap aktif dan agresif. Kelompok aktif tersebut adalah kelompok yang tegas dalam menghadapi realitas hidup, bahkan tidak segan – segan mengkritik Negara Israel yang dinilainya sebagai sarang setan, suatu Negara nasional yang sekuler, dan mereka (kelompok haredim) berpendapat bahwa tanah Israel tidaklah pantas dihuni dan diperintah oleh kaum zionis.
Secra umum target dan gerakan orang – orang yahudi adalah sesuai dengan janji tuhan bahwa mereka dari asal – muasalnya. Abraham dan keturunannya akan menjadi bapa bagi bangsa yang besar. Karenanya, kedua kelompok mempunyai satu tujuan, yaitu ingin mendirikan suatu perlindungan dan Negara tersendiri sebagai salah satu upaya ofensif dan defensif, meskipun dua kelompok tadi berbeda titik tekannya. Kelompok haredim meletakan agama di atas prinsip Negara, sedangkan Zionis meletakan prinsip nasionalisme sebagai formulasi Negara bagi orang – orang yahudi. Dan satu – satunya Negara yang telah menjadi harapannya adalah palestina sebagai tujuan jangka pendek. Dan jangka panjangnya adalah dapat mempunyai peran yang besar di seluruh dunia.











BAB III
KESIMPULAN
·        Teologi, berasal dari kata “Theos” artinya “Tuhan” dan “logos” artinya “Ilmu”, jadi teologi adalah ilmu tentang ketuhanan. Dengan kata lain yang dimaksud dengan teologi adalah pengetahuan tentang Tuhan dan manusia dalam pertaliannya dengan Tuhan, baik disandarkan kepada wahyu (revealed theology) maupun disandarkan pada penyelidikan akal pikiran (rational theology). Teologi disebut pula ilmu kalam yaitu ilmu yang menerangkan sifat-sifat Allah yang wajib diketahui dan dipercayai dan yang terpenting adalah pembahasan mengenai keesaan Allah. Oleh karena itu, ilmu kalam disebut juga ilmu tauhid. Ada juga yang menyebut teologi dengan sebutan ilmu ushul artinya ilmu yang membahas tentang pokok-pokok kepercayaan dalam agama.

·        ada beberapa persoalan politik yang akhirnya memicu kepada permasalahan teologi, yaitu dimulainya persoalan dosa besar karena membunuh khalifah Usman dan timbullah pesoalan siapa yang kafir dan siapa yang tidak kafir . dalam arti siapa yang masih dalam islam dan siapa yang sudah keluar dalam islam. Dari sinilah awal munculnya tiga aliran teologi yaitu : Aliran Khawarij yang mengatakan bahwa orang yang berdosa besar adalah kafir (murtad) dan oleh karena itu wajib di bunuh, Aliran Murji’ah yang menegaskan bahwa orang yang berbuat dosa besar masih dikatakan mukmin, adapun dosa yang dilakukan terserah Allah SWT. Aliran Mu’tazilah yang menyatakan bahwa orang yang berbuat dosa besar bukan kafir dan juga bukan mukmin, melainkan berada di antaranya ( almanzilah bain almanzilah )

·        Dalam sejarah ketuhanan kaum Nashrani, penuhanan Yesus baru dilakukan pada akhir Abad II Masehi. Kemudian pada Konsili di Necea tahun 325 Tuhan Anak disejajarkan dengan Tuhan Bapa. Selanjutnya pada Abad III Roh Qudus dipertuhankan. Pada konsili di Ephese Bunda Maria disejajarkan dengan Trinitas oleh penganut Katholik. Bahkan pada tahun 383 Kaisar Theodosius mengancam akan menghukum semua orang yang tidak percaya dan menyembahyang Trinitas

·        Awal mula penyebutan tuhan Yahweh dalam agma yahudi yakni sesudah berakhirnya zaman nabi musa a,s kaum bani israil sangat terpengaruh oleh tuhan – tuhan yang di sembah bangsa kana’n tuhan kana’n yang bernama kana’n telah di ambil dalam artian diklaim oleh kaum bani israil selain itu , golongan tersebut mempunyai tempat sembahyang yang di mana tempat sembahyang di dalamnya terdapat patung berhala yahuah.,Ustad abbas Mahmud al aqqad mengatakan bahwa perkataan Yahweh tidak di ketahui tepat dari mana asal usulnya boleh jadi perkataan ini di ambil dari suatu panggilan.  Orang ke tiga ( ghaib ) dalam bahasa arab nya” ya hua” yang bermaksud wahai si dia,

·        Seiring bejalannya waktu agama yahudi semakin tumbuh berkembang dan banyak membentuk pergerakan untuk menyebarkan ajaran agama yang di yakininya salah satu usaha nya dengan membentuk gerakan Zionisme dan Haredim

·        Zionisme lahir dan mengadakan muktamar pertama di kota Basel, Swiss, pada tahun 1897. Para pendiri gerakan ini terdiri dari orang – orang yahudi sekuler dari jerman dan Austria. Bagi mereka, keyahudian merupakan identitas nasional, bukan identitas agama, dan zionisme adalah nasionalisme dari suatu bangsa yang belum mempunyai Negara. Pilihan mereka pada palestina sebagai rumah nasional bagi bangsa yahudi tentu saja di anggap sebagai cita – cita sacral yang telah termaktub dalam kitab taurat, meski mereka tidak meletakan panji agama yahudi di atas dasar Negara.

·        kelompok yahudi Haredim adalah suatu gerakan keagamaan yang memiliki cara hidup, etos, dan kepercayaan serta pandangan dunia yang unik. Untuk mengatakan ortodoks saja masih belum tepat. Mereka lebih dinamakan ultra Ortodoks. Gerakan haredim tidak mau menerima budaya modern sekuler.bahkan untuk menyaring budaya luar menjadi agenda penting dalam aliran gerakan haredim. Gerakan haredim mencegah sekuat mungkin budaya luar yang akan masuk pada agama yahudi. Sebab mereka berkeyakinan bahwa untuk mencapai keselamatan di masa depan, kesucian jiwa dan keselamtan adalah tergantung pada kesungguhan dan kesetiannya terhadap tuntunan dan gaya hidup yang digariskan oleh agama yahudi.
DAFTAR PUSTAKA

A. Hanafi.
2003    Pengantar Teologi Islam, Pustaka Al-Husna Baru.
Harun Nasution.
2008    Teologi Islam Aliran-Aliran sejarah Analisa Perbandingan, UI-Pers.
Abdul Karim dan Nashir Al-Aql.
2003    Gerakan Dakwah Islam, Darul Haq.
Mulyadhi Kertanegara.
2005     Panorama Filsafat Islam, Bandung.
Budi. F Hardiman.
2004    Filsafat Modern, Gramedia Pustaka, Jakarta.
Abu Hamdani.
1991    Perbandingan Agama, Rineka cipata, Jakarta.
Paul Findley.
1993    Diplomasi Munafik Ala Yahudi, Mizan, Bandung.
Karen Amstrong.
2001    Berperang Demi Tuhan, Mizan dan PT. Serambi, Bandung  dan Jakarta.

2 komentar:

Romi Syahrurrohim. Diberdayakan oleh Blogger.